Senin, 22 Desember 2008

Analisis Keunggulan bersaing



"Semut di seberang pulau terlihat, gajah didepan mata tak nampak". Ungkapan seperti ini menjadi sangat penting untuk dapat berhasil dalam peperangan di bidang marketing. Terkadang hal tersebut tidak menjadi perhatian utama oleh para marketer, semuanya sibuk dengan menganailisa dari pesaing-pesaing mereka padahal apa yang sedang terjadi dilingkungan dirinya tidak terperhatikan.
Maka diperlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisa keunggulan agar dapat bersaing di pasar.
1. Analisis Potensi Unggul
Dalam hal ini yang diperlukan adalah bagaimana mengetahui sumber-sumber daya yang ada dalam lingkungan kita dapat memacu proses marketing. contohnya : Sumber daya Alam, Sumber daya Manusia, Teknologi Informasi, Sistem dan prosedur kerja dan lain sebagainya.
2. Analisis Posisi Unggul
Perlu diketahui hal-hal yang menjadikan perusahaan kita menjadi unggul dalam persaingan pasar. disini yang perlu dianalisa adalah hal-hal yang menjadi kelebihan kita dibandingkan dengan perusahaan lain. hal ini dapat berguna dalam perbaikan dan pengembangan produk, proses, price dan lainnya.
3. Analisa Output Unggul
Yang terakhir adalah menghasilkan output yang dapat digunakan oleh pembeli (konsumen) dan tentunya menjadi pelanggan/kustomer yang akan menjadi pembeli tetap dari produk perusahaan kita.
dan tentunya, hasil akhir yang diharapkan dari analisa diatas adalah menghasilkan PROFIT YANG MAKSIMAL untuk perusahaan

Tidak ada komentar: